Analisis Lingkungan Pemasaran
Marketing Environment is the actors and forces outside marketing that affect marketing managements ability to develop and maintain succesfull transaction with its target costumers. Artinya, Lingkungan pemasaran adalah pemeran dan kekuatan diluar pemasaran yang mmengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk mengembangkan dan mempertahankan sukses transaksi dengan target pelanggan.
Lingkungan pemasaran terbagi menjadi dua, yaitu Microenvironment (Lingkungan Internal) dan Macroenvironment (Lingkungan Eksternal)
A. Microenvironment (Lingkungan
Internal)
Microenvironment
merupakan kekuatan terdekat yang dapat mempengaruhi kemampuan perusahaan dalam
melayani target mereka. Manajemen pemasaran bertugas untuk menarik dan
membangun hubungan baik dengan pelanggan dengan menciptakan nilai dan kepuasan
pelanggan. Dalam perjalanannya seorang manajer pemasaran tidak dapat
melaksanakan pekerjaannya sendirian. Sering kali kesuksesan dari tujuan yang
dibuat seorang manajer bergantung pada faktor-faktor lain di sekitarnya.
1. The Company
(Perusahaan)
a. Top Management
b. Finance
c. Research and
development
d. Purchasing
e. Manufactured
f. Accounting.
2.
Supliers (Pemasok)
Supliers adalah
penyedia sumberdaya yang digunakan oleh sebuah perusahaan untuk memproduksi
barang atau jasa. Sebuah perusahaan harus memperhatikan ketersediaan sumber
daya untuk produk yang akan diproduksi. Selain itu pergerakan harga bahan pokok
produksi sebuah perusahaan juga harus terus dipantau agar perubahan harga bahan
baku produksi tidak berpengaruh besar bagi kegiatan produksi perusahaan.
3. Marketing
Intermediateries (Perantara Pemasaran)
Perantara disini
dimaksudkan kepada seorang, kelompok, atau perusahaan yang dapat membantu
perusahaan pembuat produk untuk mempromosikan, menjual, dan mendistribusikan
barang kepada pembeli. Yang berperan sebagai perantara pemasaran ini
diantaranya adalah reseller, distributor fisik, agen pengiriman barang, dan
agency pembayaran.
4. Costumers (Pelanggan)
Pelanggan juga dibagi menjadi beberapa jenis atau tipe
a.
Costumer markets (pasar konsumen). Pelanggan ini membeli barang atau jasa untuk dikonsumsi sendiri
b.
Bussiness markets (Pasar bisnis). Pelanggan membeli produk untuk dijual kembali tanpa merubah merek produk
tersebut
c. Reseller market. Konsumen membeli barang untuk dijual kembali dengan
menggunakan atau
memberikan merek baru pada produk tersebut.
d.
Goverment market (pasar pemerintah). Pasar pemerintah biasanya berkaitan dengan lelang atau tender sebuah
proyek dan pengadaan barang
e. International market
5. Publics (Masyarakat)
a. Financial
b. Media massa
c. Pemerintah
d. Tekanan dari suatu
kalangan
e. Penduduk lokal yang
ingin mendapat bagian pekerjaan
f. Masyarakat umum
g. Keluarga dari pegawai
perusahaan itu sendiri.
B. Macroenvironment (Lingkungan
Eksternal)
1. Demografic Environment (lingkungan
demografik)
a. Size (ukuran)
b. Density (Kepadatan)
c. Location (lokasi)
d. Age (usia)
e. Gender (Jenis Kelamin)
f. Race (Ras)
g. Occupation (Pekerjaan)
h. Other Statistik (Data
lainnya)
2. Economic Environment (lingkungan
ekonomi)
a. Buyer Power (Daya
Beli)
b. Spending Pattern (Pola
pengeluaran)
3. Natural Environment
(lingkungan alam)
a. Ketersediaan bahan
baku
b. Kenaikan harga sumber
energi
c. Dampak polusi yang
dihasilkan
d. Intervensi pemerintah
terhadap SDA yang ada
4. Technological
Environment (lingkungan teknologi)
a. Teknologi baru
b. Membuat produk baru
c. Peluang pasar
d. Kecepatan perubahan
teknologi
e. Anggaran untuk
penelitian dan pengembangan
f. Konsentrasi pada hal
kecil
g. Peningkatan regulasi
5. Political Environment (lingkungan
politik)
a. Hukum yang berlaku
b. Instansi pemerintah
(menyangkut perizinan)
c. Tekanan dari suatu
kelompok
d. Undang-undang tentang
perbisnisan
e. Perubahan pemerintahan
6. Cultural Environment (lingkungan
budaya)
a. Menjaga nilai luhur
dari sebuah kebudayaan
b. Pergeseran nilai
kebudayaan
c. Pandangan Masyarakat
dari dirinya sendiri
d. Pandangan masyarakat
dari orang lain
e. Pandangan masyarakat
dari organisasi
f. Pandangan masyarakat
dari lingkungan sosial
g. Pandangan masyarakat
dari alam
h. Pandangan masyarakat
dari dunia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar