Minggu, 15 Maret 2015

Analisis Lingkungan Pemasaran

Berikut merupakan review dari perkuliahan mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan oleh Bapak Amril Muhammad, S.E., M.Pd pada hari/tanggal selasa/10 maret 2015.

Analisis Lingkungan Pemasaran
Marketing Environment is the actors and forces outside marketing that affect marketing managements ability to develop and maintain succesfull transaction with its target costumers. Artinya, Lingkungan pemasaran adalah pemeran dan kekuatan diluar pemasaran yang mmengaruhi kemampuan manajemen pemasaran untuk mengembangkan dan mempertahankan sukses transaksi dengan target pelanggan.

Lingkungan pemasaran terbagi menjadi dua, yaitu Microenvironment (Lingkungan Internal) dan Macroenvironment (Lingkungan Eksternal)

A.   Microenvironment (Lingkungan Internal)
Microenvironment merupakan kekuatan terdekat yang dapat mempengaruhi kemampuan perusahaan dalam melayani target mereka. Manajemen pemasaran bertugas untuk menarik dan membangun hubungan baik dengan pelanggan dengan menciptakan nilai dan kepuasan pelanggan. Dalam perjalanannya seorang manajer pemasaran tidak dapat melaksanakan pekerjaannya sendirian. Sering kali kesuksesan dari tujuan yang dibuat seorang manajer bergantung pada faktor-faktor lain di sekitarnya.
1.    The Company (Perusahaan)
a.    Top Management
b.    Finance
c.    Research and development
d.    Purchasing
e.    Manufactured
f.     Accounting.

2.    Supliers (Pemasok)
Supliers adalah penyedia sumberdaya yang digunakan oleh sebuah perusahaan untuk memproduksi barang atau jasa. Sebuah perusahaan harus memperhatikan ketersediaan sumber daya untuk produk yang akan diproduksi. Selain itu pergerakan harga bahan pokok produksi sebuah perusahaan juga harus terus dipantau agar perubahan harga bahan baku produksi tidak berpengaruh besar bagi kegiatan produksi perusahaan.

3.    Marketing Intermediateries (Perantara Pemasaran)
Perantara disini dimaksudkan kepada seorang, kelompok, atau perusahaan yang dapat membantu perusahaan pembuat produk untuk mempromosikan, menjual, dan mendistribusikan barang kepada pembeli. Yang berperan sebagai perantara pemasaran ini diantaranya adalah reseller, distributor fisik, agen pengiriman barang, dan agency pembayaran.  

4.    Costumers (Pelanggan)
     Pelanggan juga dibagi menjadi beberapa jenis atau tipe
a.    Costumer markets (pasar konsumen). Pelanggan ini membeli barang atau jasa untuk dikonsumsi sendiri
b.    Bussiness markets (Pasar bisnis). Pelanggan membeli produk untuk dijual kembali tanpa merubah merek produk tersebut
c. Reseller market. Konsumen membeli barang untuk dijual kembali dengan menggunakan           atau memberikan merek baru pada produk tersebut.
d.    Goverment market (pasar pemerintah). Pasar pemerintah biasanya berkaitan dengan lelang atau tender sebuah  proyek dan pengadaan barang
     e.     International market
5.    Publics (Masyarakat)
a.    Financial
b.    Media massa
c.    Pemerintah
d.    Tekanan dari suatu kalangan
e.    Penduduk lokal yang ingin mendapat bagian pekerjaan
f.     Masyarakat umum
g.    Keluarga dari pegawai perusahaan itu sendiri.

B.   Macroenvironment (Lingkungan Eksternal)
1.    Demografic Environment (lingkungan demografik)
a.    Size (ukuran)
b.    Density (Kepadatan)
c.    Location (lokasi)
d.    Age (usia)
e.    Gender (Jenis Kelamin)
f.     Race (Ras)
g.    Occupation (Pekerjaan)
h.    Other Statistik (Data lainnya)

2.    Economic Environment (lingkungan ekonomi)
a.    Buyer Power (Daya Beli)
b.    Spending Pattern (Pola pengeluaran)

3.    Natural Environment (lingkungan alam)
a.    Ketersediaan bahan baku
b.    Kenaikan harga sumber energi
c.    Dampak polusi yang dihasilkan
d.    Intervensi pemerintah terhadap SDA yang ada

4.    Technological Environment (lingkungan teknologi)
a.    Teknologi baru
b.    Membuat produk baru
c.    Peluang pasar
d.    Kecepatan perubahan teknologi
e.    Anggaran untuk penelitian dan pengembangan
f.     Konsentrasi pada hal kecil
g.    Peningkatan regulasi

5.    Political Environment (lingkungan politik)
a.    Hukum yang berlaku
b.    Instansi pemerintah (menyangkut perizinan)
c.    Tekanan dari suatu kelompok
d.    Undang-undang tentang perbisnisan
e.    Perubahan pemerintahan

6.    Cultural Environment (lingkungan budaya)
a.    Menjaga nilai luhur dari sebuah kebudayaan
b.    Pergeseran nilai kebudayaan
c.    Pandangan Masyarakat dari dirinya sendiri
d.    Pandangan masyarakat dari orang lain
e.    Pandangan masyarakat dari organisasi
f.     Pandangan masyarakat dari lingkungan sosial
g.    Pandangan masyarakat dari alam

h.    Pandangan masyarakat dari dunia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar